Minggu, 15 Juni 2008

profil NETHERLAND

Belanda
foto tim
Tim Nasional Belanda

PROFIL TIM
Bangkitnya Ruh Total Football

Marco Van Basten pasti masih mengingat suksesnya bersama Ronald Koreman dan Ruud Gullit membawa Belanda jadi kampiun di Piala Eropa 1988, setelah mengalahkan Uni Soviet 2-0 di Stadion Olympia, Muenchen, Jerman.

Van Basten tentu membawa kembali memori itu, ketika kembali lagi ke Euro sebagai pelatih Tim Oranye. Memori yang memberikan inspirasi baginya untuk dapat mengulang kembali di Austria-Swiss.

Memori Van Basten juga kembali pada falsafah 'Total Football' yand dicetuskan Rinus Michels, yaitu semua pemain maju di saat menyerang dan mundur di saat bertahan. Bagaimana ia sukses memainkan falsafah itu pada 1988, dibangkitkan kembali saat ini.

Suksesor Dick Advokaat ini dinilai penggila bola 'Negeri Kincir Angin' telah berhasil membangkitkan kembali ruh 'Total Football'. Tak heran, karena dia termasuk salah satu aplikator ajaran Rinus Michels itu.

Van Baster memiliki pemain dengan skill individu dan energi prima, sebagai syarat utama untuk memainkan 'Total Football". De Oranje punya banyak gelandang dan striker berkualitas yang bermain di klub-klub top Eropa.

Sebut saja seperti Ruud van Nistelrooy di Real Madrid, Robin van Persie di Arsenal, dan Dirk Kuyt di Liverpool. Lalu di barisan gelandang mereka punya sederet nama seperti Arjen Robben, Klaas Jan Huntelaar, Ryan Babel, dan Jan Vennegoor of Hesselink.

Sejumlah nama lain yang di klub masing-masing merupakan gelandang reguler adalah Rafael van der Vaart, Wesley Sneijder, dan Clarence Seedorf. Di bawah mistar gawang ada Edwin Van Der Sar yang menjadi pahlawan Manchester United ketika meraih tropi Liga Champions di Moskow, 21 Mei lalu.

Sederet nama beken itu, membuat tim yang berada satu grup yaitu Rumania, Italia dan Prancis harus berhitung matang saat menghadapinya di Euro 2008.[Gonang Susatyo]


LOGO DAN SERAGAM
kitset

PELATIH
Marco van Basten
Kepercayaan publik Belanda kepada Marco van Basten tak pernah luntur, meskipun pada Piala Dunia Jerman 2006 hanya mampu membawa 'Tim Oranye' hanya sampai putaran kedua setelah dijegal Portugal dengan ..

BINTANG

..

DAFTAR PEMAIN
(Penjaga Gawang)
Edwin Van Der Sar Maarten Stekelenburg Henk Timmer

(Bertahan)
Wilfred Bouma Tim de Cler John Heitinge Joris Mathijsen Mario Melchiot Andre Ooijer

(Gelandang)
Ibrahim Afellay Giovanni van Bronckhorst Orlando Engelaar Nigel de Jong Wesley Sneijder Rafael van der Vaart Demy de Zeeuw

(Penyerang)
Ryan Babel Klaas-Jan Huntelaar Dirk Kuyt Ruud van Nistelrooy Robin van Persie Arjen Robben Jan Venngoor of Hesselink

(Pelatih)
Marco van Basten

Tidak ada komentar: