Kamis, 19 Juni 2008

d' legandaris

PEMAIN LEGENDARIS
Laurent Blanc
Foto Negara Prancis
Club
Tanggal Lahir 19-11-1965
Tinggi
Berat

Laurent Blanc

Mengawali karier sepak bolanya bersama klub Montpellier HSC, sebenarnya posisi Laurent Blanc bukan di lini pertahanan, khususnya bek tengah.

Blanc sebelumnya bermain di posisi gelandang, namun gayanya yang lebih cenderung bertahan, membuat Blanc memutuskan untuk pindah posisi sebagai bek.

Selama kariernya sebagai pemain sepak bola, Blanc sudah sembilan kali berganti-ganti klub. Termasuk Barcelona, Inter Milan dan dan terakhir di Manchester United saat Blanc memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun musim 2002-2003.

Kariernya sebagai pemain timnas Prancis khususnya di ajang EURO dimulai saat digelarnya EURO 1992 di Swedia. Blanc kembali memperkuat Prancis di EURO 1996 Inggris sayangnya di ajang ini, langkah Prancis terhenti di babak semifinal.

Di EURO 2000 Belanda dan Belgia, Blanc kembali memperkuat Prancis yang akhirnya menjadi juara di ajang ini..

Di Piala Dunia 1998, Blanc kembali masuk dalam skuad Les Blues dan meraih gelar tersebut, di negaranya sendiri Prancis. Yang menarik dari Blanc adalah persahabatannya dengan mantan kiper Prancis Fabien Barthez.

Setiap kali keduanya tampil, sebelum pertandingan dimulai, Blanc selalu mencium kepala plontos Barthez baik di Piala Dunia 1998 dan EURO 2000 dimana Prancis menjadi juaranya.

Saat Blanc dan Barthez satu klub di Manchester United, tradisi mencium kepala Barthez masih dilakukan, namun hanya di ajang Liga Champions saja.

Blanc sudah mengantongi 97 caps membela Prancis dan mencetak 16 gol. Jumlah gol yang cukup banyak untuk ukuran seorang bek tengah.

Yang paling berkesan bagi Blanc ketika mencetak golden goal, di babak perempat final Piala Dunia 1998 saat melawan Paraguay.

Sayangnya, Blanc tidak bisa tampil di final Piala Dunia 1998 setelah di babak semifinal mendapat kartu merah setelah melanggar Slaven Bilic (pelatih Kroasia saat ini).

Meski sebenarnya Bilic hanya berpura-pura kesakitan, namun Blanc tetap diganjar kartu merah. Usai kejadian tersebut, Bilic dikritik habis-habisan oleh media Prancis.

Tidak seperti pemain internasional lainnya, Blanc memutuskan pensiun dari timnas Prancis usai meraih gelar EURO 2000. Blanc resmi mengundurkan diri dari dunia sepak bola, dua tahun setelah membela MU saat meraih gelar Liga Primer musim 2002-2003.

Kini, Blanc menangani FC Girondins de Bordeaux dan menjadi kandidat kuat pengganti pelatih Lyon Allain Perrin.[Rakai Pikatan]

Tidak ada komentar: