Minggu, 15 Juni 2008

KESEBELASAN PORTUGAL

Portugal
foto tim
Tim Nasional Portugal

PROFIL TIM
Buah Transisi 'Golden Generation'

Hanya sekali kalah di babak kualifikasi, namun penampilan Portugal sesungguhnya tak memuaskan. Performa Portugal cenderung naik turun. Proses transisi Golden Generation yang dimotori Luis Figo kepada Cristiano Ronaldo dkk tampaknya belum mulus.

Portugal tak lagi memiliki seorang leader seperti pada diri Figo yang menjadi centre stage di tim. Karakter dan status yang tidak ada pada diri Deco, Nuno Gomes, Maniche maupun Jorge Andrade. Sementara, Ronaldo sebagai generasi anyar masih butuh proses.

Buntutnya, meski memiliki pemain yang komplet di setiap lini, tapi perjalanan Portugal menuju Austria-Swiss agak tersendat. Bagaimana tidak. Mereka sempat ditahan Serbia dan Polandia saat tampil di kandang sendiri. Bahkan Portugal nyaris dipermalukan tim lemah Armenia dan hanya mampu bermain imbang 1-1.

Tak berhenti di situ. Pelatih Luiz Felipe Scolari sempat mendapat sanksi larangan mendampingi tim selama tiga pertandingan karena memukul bek Serbia Dragutinovic setelah Portugal ditahan 1-1.

Menariknya, pada tiga pertandingan itu, Portugal yang didampingi asisten pelatih Flavio Teixeira mampu meraih poin maksimal. Sukses itu memuluskan langkah Seleccao das Quinas menuju putaran final meski nasib mereka harus ditentukan di pertandingan terakhir melawan Finlandia.

Terpenting, Portugal tak kalah alias hanya butuh imbang untuk lolos. Target itu memang terpenuhi. Hanya, pasukan Scolari meninggalkan lapangan dengan wajah sedikit tertunduk karena tak bisa mencetak gol ke gawang Finlandia.

"Saya tahu, kami harus memperbaiki diri untuk menghadapi putaran final," ujar Scolari. Kalimat pendek namun cukup memberi gambaran mengenai Portugal yang tak solid. Hanya, Portugal tetap diperhitungkan di Austria-Swiss. Scolari membawa dendam setelah 'dipermalukan' Yunani di EURO 2004.

Bertindak sebagai tuan rumah, Portugal sesungguhnya difavoritkan menjadi juara Eropa untuk kali pertama. Kenyataannya, di final mereka dihajar tim underdog Yunani 0-1.

Pembukaan dan final EURO 2004 mmpertemukan dua tim sama, Portugal dan Yunani. Hasilnya, Yunani selalu unggul. Harapan Scolari adalah the avenge, sebuah pembalasan. Tapi, timnya juga harus bebenah.[Gonang Susatyo]


LOGO DAN SERAGAM
kitset

PELATIH
Luis Felipe Scolari
Portugal sudah tiga kali tampil pada laga puncak Euro. Terakhir saat menjadi tuan rumah 2004 lalu, Portugal yang ditangani Luis Felipe Scolari, belum juga berhasil merengkuh Piala Henri Delaunay. ..

BINTANG
star Pepe (Kepler Laveran Lima Ferreira)
Bek tengah Portugal kelahiran Brazil, Pepe, yang memainkan pertandingan intenasional pertamanya tujuh bulan lalu, menyatakan merasa sangat bahagia bisa mencetak gol pertama bagi Portugal di ajang Euro..

DAFTAR PEMAIN
(Penjaga Gawang)
Ricardo Pereira Quim Silva Rui Patricio

(Bertahan)
Miguel Monteiro Jose Bosingwa Paulo Ferreira Ricardo Carvalho Fernando Meira Bruno Alves Bruno Alves Pepe (Kepler Laveran Lima Ferreira) Jorge Ribeiro

(Gelandang)
Raul Meireles Joao Moutinho Deco Armando Petit Miguel Veloso

(Penyerang)
Cristiano Ronaldo Simao Sabrosa Ricardo Quaresma Nuno Gomes Hugo Almeida Nani Helder Postiga

(Pelatih)
Luis Felipe Scolari

Tidak ada komentar: